EFEK INDUKSI
Baiklah pada kesempatan ini saya akan menjelaskan salah satu factor yang mempengaruhi senyawa dalam kimia organik fisik yaitu “Efek Induksi”. Nah efek induksi sendiri merupakan suatu aksi elektrostatik yang diteruskan melalui rantai atom dalam suatu molekul (lewat ikatan σ). Sifat induksi terjadi karena adanya perbedaan keelektronegatifan. Sifat induksi yang dimiliki suatu senyawa juga mempengaruhi reaktivitas molekul senyawa organik tersebut.
Selain penjelasan diatas efek induksi juga dapat menyebabkan suatu senyawa memiliki tingkat keasaman atau derajat keasaman yang berbeda-beda akibat efek induksi suatu senyawa yang menarik dan yang mendorong contohnya



Dari struktur diatas dapat dilihat bahwa adanya gugus yang menyebabkan terjadinya efek induksi pada senyawa ethanol memiliki gugus H yang bersifat lebih kepada mendorong eklektron oleh sebab itu gugus H pada rantai ujung sulit lepas sehingga sennyawa lebih bersifat basa dapat dilihat dengan nilai pKa nya yang cukup besar sedangkan pada 2,2,2-Trifluoroethanol memiliki gugus yang lebih mengikat elektron sehingga H pada rantai ujung lebih mudah lepas dan menyebabkan senyawa dapat lebih bersifat asam dan ini juga menyebabkan ikatan antara H dan O pada ujung rantai seolah-olah lepas (mesomeri).
Alasan mengapa 2,2,2 Trifluorethanol lebih asam itu dikarenakan senyawa tersebut memiliki tiga atom F yang bermuatan negative sehingga memberikan efek mengikat elektron pada basa konjugasinya. Dari penjelasan tersebut dapat dilihat bentuh muata elektron pada senyawa tersebut.

Efek induksi dapat dinyatakan sebagai I+ dan I-. Dikatakan I+ jika subtituen yang terikat mendorong elektron (melepaskan elekton), I- jika subtituen yang terikat menarik elektron (mengambil elektron). Sehingga gugus H mempunyai efek induksi mendorong elektron, diberi simbol +I. Sedangkan gugus F mempunyai efek induksi menarik elektron diberi simbol –I. Efek induksi bekerja melalui ruang dan ikatan sigma. Makin jauh letak gugus/atom yang memiliki efek induksi, makin kecil pengaruhnya terhadap polarisai ikatan.

Asam metanoat lebih asam dari asam etanoat karena  pada asam etanoat terdapat gugus metil yang mempunyai kemampuan mendorong elektron ikatan melalui ikatan sigma  (C-C-O-H) sehingga atom O menjadi relatif makin negatif, akibatnya atom H sukar lepas sebagai H+, asamnya menjadi lebih lemah. Sedangkan Asam alfamonoflouroetanoat lebih asam dari asam metanoat karena pada  asam alfa monoflouroetanooat terdapat gugus F yang mempunyai kemampuan menarik elektron ikatan melalui ikatan sigma sehingga atom O menjadi relatif makin positif, akibatnya atom H makin mudah lepas sebagai H+, asamnya menjadi lebih kuat.
Dalam suatu ikatan kovalen tunggal dari atom yang tak sejenis, pasangan electron yang membentuk ikatan sigma, tidak pernah terbagi secara merata di antara kedua atom. Electron memiliki kecenderungan untuk tertarik sedikit ataupun banyak kea rah atom yang lebih elektronegatif dari keduanya. Misalnya dalam suatu alkil klorida, kerapatan electron cenderung lebih besar pada daerah didekat atom Cl daripada atom C. Pengaruh distribusi electron pada ikatan sigma ini dikenal sebagai efek induksi.

Komentar

  1. Balasan
    1. Iya terimakasih kembali saudara nurhidayyah telah mengunjungi blog saya

      Hapus
  2. Terima kasih atas materinya, saya ingin bertanya apakah ada hubungan antara efek induksi dengan mesomeri? Mohon penjelasannya. Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama saudari indahNah baik saya coba akan menjelaskan hubungan efek mesomerik dengan efek indukai jadi Efek mesomerik, mirip dengan efek induksi, efeknya terpolarisasi secara permanen dalam keadaan dasar molekul, dan oleh karena itu dinyatakan dalam sifat fisika senyawanya. Mesomeri hanya dapat terjadi pada senyawa tak jenuh, namun efek induktif dapat terjadi pada senyawa jenuh maupun tak jenuh. Efek induksi hanya terbatas pada jarak yang terbatas, sedangkan efek mesomeri dapat terjadi sepanjang molekul masih menyediakan system terkonjugasi.

      Hapus
  3. Terimakasih atas materinya, sungguh bermanfaat. Mohon boleh di jelaskan efek induksi pada molekul asiklik yang tidak memili gugus fungsi ya.. Trmksh

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas penjelasannya sangat bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TOTAL SINTESIS SENYAWA ORGANIK BAHAN ALAM COPRINOL

GUGUS PELINDUNG