GUGUS FUNGSI
Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan tentang salah satu fatktor yang diperlukan dalam mempelajari struktur molekul senyawa organik yaitu gugus fungsi. Gugus fungsional (istilah dalam kimia organik) adalah kelompok gugus khusus pada atom dalam molekul, yang berperan dalam memberi karakteristik reaksi kimia pada molekul tersebut. Senyawa yang bergugus fungsional sama memiliki reaksi kimia yang sama atau mirip.
Gugus Fungsi Aldehid
Merupakan senyawa organik yang memiliki gugus karbonil terminal. Gugus fungsi ini terdiri dari atom karbon yang berikatan dengan atom hydrogen dan berikatan rangkap dengan atom oksigen. Golongan aldehida juga dinamakan golongan formil atau metanoil. Kata aldehida merupakan kependekan dari alcohol dan dehidrogenasi yang berarti alcohol yang terhidrogenasi. Golongan aldehida berisfat polar.
Tata Nama
IUPAC
Pemberian nama aldehid dilakukan dengan menggantikan akhiran –a pada nama alkana dengan –al.Jika terdapat dua tau lebih subsituen berbeda dalam penulisan harus berdasarkan urutan abjad pertama nama subsituen. Awalan di-,-tri,sek-,ters- tidak perlu diperhatikan dalam penentuan urutan abjad sedangkan awalan yang tidak dipisahkan dengan tanda hubung diperhatikan dalam penentuan urutan abjad.
Trivial
untuk aldehida bercabang  pertama tentukan rantai utama yaitu rantai dengan jumlah atom karbon paling panjang yang terdapat pada gugus karbonil. Penomoran subsitun dimulai dari atom karbon yang mengikat gugus karbonil dengan huruf alfa, betha dan gamma.

b. Gugus Fungsi – O – ( Eter )
Mempunyai struktur R – O – R , Salah satu eter yaitu dietil eter ( C2Hs – O – C2Hs ). Digunakan sebagai obat bius. Penggunaan lain dari eter adalah sebagai pelarut.
c. Gugus fungsi – C – H atau – CHO ( Aldehida )
Contohnya adalah metanol atau formaldehida tang terdapat dalam formalin. Bahan yangdigunakan untuk mengawetkan preparat biologi atau mayat.
d. Gugus Fungsi – CO – ( Keton )
Contohnya adalah aseton, suatu cairan yang biasa digunakan para wanita untuk membersihkan cat kuku
e. Gugus Fungsi – COOH ( Asam karboksilat )
Contohnya adalah asam asetat ( CH3CooH ) yang terdapat dalam cuka makan.
f. Gugus Fungsi – CooR ( Ester )
Yang banyak digunakan sebagai essen, lemak dan minyak juga tergolong Es
g. Gugus Fungsi – X ( Halogen )
Disebut juga Haloalkana. Gugus X adalah atom Halogen yaitu F, Cl, Br atau I. Monohaloalkana di sebut juga alkil Halida. Haloalkana di gunakan sebagai bahan dasar pembuatan plastik dan sebagai pelarut. Contoh, Freon yang digunakan sebagai fluida kerja dalam mesin pendingin.




Komentar

  1. Terima kasih atas pemaparan saudara, bisakah anda jelaskan maksud dari gugus karbonil terminal itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gugus karbonik terminal adalah gugus yangterdiri dari atom karbon yang berikatan dengan atom hidrogen dan berikatan rangkap dengan atom oksigen

      Hapus
  2. Bisa dijelaskan sejarah ditemukannya gugus fungsi?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teori Kekule dan Couper menggambarkan senyawa karbon dalam bentuk 2 dimensi sedangkan Jacobus van’t Hoff dan Joseph Le Bel (1874) menggambarkan molekul dalam tiga dimensi, yaitu 4 atom yang diikat oleh karbon menempati sudut tetrahedron yang beraturan dengan atom C sebagai pusat.

      Hapus
  3. Terima kasih atas penjelasannya sangat bermanfaat untuk referensi :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TOTAL SINTESIS SENYAWA ORGANIK BAHAN ALAM COPRINOL

GUGUS PELINDUNG